Senin, 09 Januari 2012

Tambokoto - Penembakan di Aceh Digerakkan Kekuatan Besar


Oleh: Soemitro
Nasional - Minggu, 8 Januari 2012 |

INILAH.COM, Jakarta - Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) menyayangkan ucapan Kapolri Jenderal Timur Pradopo yang menyatakan bahwa modus penembakan di Nanggroe Aceh Darussalam merupakan tindakan kriminal murni.

"Pernyataan Kapolri harus dikoreksi, bahwa penembakan di Aceh adalah kriminal murni. Karena dilihat dari rentetan dan modusnya, penembakan dilakukan oleh kekuatan ekstra ordinary," ujar Koordinator KontraS, Haris Azhar, didampingi Bidang Litbang YLBHI, Agung Wijaya, dalam jumpa pers di Kantor KontraS, Jakarta Pusat, Minggu (8/1/2012) sore.

Dia mengatakan, dalam peristiwa penembakan di Aceh pelaku menggunakan modus baru dalam melakukan aksinya. Namun sebelum melakukan aksi, mereka sudah melakukan koordinasi mengenai calon korban yang dijadikan target. Dengan kata lain, kata Haris, ada distribusi informasi yang baik dalam beberapa kejadian penembakan di Aceh.

Sedangkan modus baru yang dilakukan. Pelaku memilih waktu dan tempat yang berbeda-beda. Salah satunya dengan memilih tempat yang sepi, bukan tempat keramaian sebagaimana modus penembakan yang terjadi sebelumnya di Poso, Maluku dan Ambon yang menggunakan cara-cara lama.

Salah satu dari lima kejadian penembakan yang dilakukan, imbuh Agung Wijaya, dilakukan saat calon korban sedang berkumpul dan beristirahat, yakni menjelang malam. Setelah mendapatkan informasi dengan baik mengenai identitas calon korban, pelaku kemudian melakukan penembakan dengan menggunakan laras panjang. "Kami yakin bahwa ini ditopang oleh kekuatan besar. Pernyataan Kapolri harus dikoreksi," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Timur Pradopo di Istana Negara, Selasa (3/1/2012), mengungkapkan bahwa kasus penembakan di Aceh merupakan tindakan kriminal murni. Meski diakui bahwa serangkaian peristiwa penembakan saat ini tengah diselidiki pihaknya. [mvi]

Tidak ada komentar:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Posting Komentar

Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2013/02/cara-menambahkan-widget-baru-di-sebelah.html#ixzz2O8AYOBCu