Kamis, 14 Juni 2012

Raden Wijaya, pendiri Majapahit

rADEN WIJAYA

aku1

oleh Renny Masmada

Raden Wijaya adalah pendiri Kerajaan Majapahit. Menurut Kidung Harsawijaya, penobatannya sebagai raja Majapahit berlangsung pada candrasangkala purneng kartikamasa panca dasi sukleng catur (tanggal 15 bulan Kartika, Oktober-Nopember tahun 1293).

Namun menurut Nagarakretagama XLV/1 berlangsung pada candrasangkala masa-rupa-surya, 1216 (=1294M), sesuai dengan Serat Pararaton yang mencatat pada tahun saka rasa-rupa-dwi-sitangsu, 1216  (=1294M) sesuai dengan piagam Kudadu yang juga bertarikh 1294, tercatat namanya: Nararya Sanggramawijaya.Kertarajasa1
Raden Wijaya ialah putra Dyah Lembu Tal (Mahisa Campaka), cucu Narasingamurti. Menantu Sri Kertanegara (pamannya) karena mengawini 4 orang puteri Kertanagara, yaitu:
  • Tribhuwana, puteri sulung, tidak tercela, sangat ulung dalam permainan kata (mahalalita).
  • Mahadewi, sangat rupawan tidak bertara, menjadi landasan percintaan Sri Baginda.
  • Jayendradewi biasa disebut Prajnyaparamita, cantik manis menawan hati, sangat setia dan mempunyai sifat-sifat luhur.
  • Gayatri, puteri bungsu, bergelar Rajapatni, yang paling dikasihi oleh raden Wijaya., dan membuahkan dua orang puteri, yang pertama Tribhuanatunggadewi dan yang kedua Dyah Wiyat Sri Rajadewi.
Selain dengan keempat puteri Kertanagara, Raden Wijaya juga mengawini Dara Petak atau yang bergelar Indreswari, puteri Tribhuanaraja dari Suwarnabhumi, Jambi. Dari perkawinannya ini lahirlah Jayanagara.
Raden Wijaya diarcakan sebagai Harihara di candi Simping atau Sumberjati. Menurut Nagarakretagama pupuh XLVII/3, raja Kertarajasa Jayawardhana mangkat pada tahun Saka Matryaruna, 1231 (=1309 M), dicandikan di Simping, jenazahnya dimakamkan di Antahpura (istana). Bahkan di Nagarakretagama pupuh LXXVII/3 toponim Trawulan disebut sebagai tempat makam rajadiraja. Slamet Mulyana berkesimpulan bahwa Kertarajasa Jayawardhana dimakamkan di Trawulan, istana Majapahit pada tahun 1309. Kertarajasa memeluk agama Siwa, namun konon Dewa Wisnu menitis ke dalam dirinya.
Salam Nusantara..!

Tidak ada komentar:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

5. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Posting Komentar

Sumber: http://eltelu.blogspot.com/2013/02/cara-menambahkan-widget-baru-di-sebelah.html#ixzz2O8AYOBCu